Headlines News :

Janji Pengutusan Roh Kudus

Print Friendly and PDF Janji Pengutusan Roh Kudus

Pada malam terkahir sebelum Yesus Kristus ditangkap dan kemudian disalibkan, Ia memberitahukan kepada murid-murid-Nya tentang kedatangan Roh Kudus sebagai suatu janji penyertaan. Tuhan Yesus berkata: "Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam didalam kamu." (Yohanes 14:16-17)

Tujuan pengutusan Roh Kudus :
  • Tuhan Yesus berkata: "Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajar segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah kukatakan kepadamu."(Yohanes 14:6)
  • Tuhan Yesus berkata: "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku." (Yohanes 15:26)
  • Tuhan Yesus berkata: "Namum benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jika Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena pengusa dunia ini telah dihukum." (Yohanes 16:7-11)

Sesudah Yesus bangkit dari kematian, Ia berkata lagi mengenai hal ini: "Dan Aku akan mengirimkan kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." (Lukas 24:49)

Sesaat sebelum Yesus naik ke sorga, Ia mengatakan sekali lagi: "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai keujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)

Setiap orang percaya berhak dan bisa menerima janji tentang pembaptisan oleh kuasa Roh Kudus:
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi diri dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus."
"Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." (Kisah Para Rasul 2:38-39).
Amin. Tuhan memberkati!!!


Samuel Darmanto
Gembala Sidang

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...