Headlines News :

Bahaya Mengerikan Penggunaan Headset

Print Friendly and PDF
Bahaya Mengerikan Penggunaan Headset




Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan headset yang terlalu sering bisa memberikan dampak buruk bagi pemakainya. Hal ini bisa menyebabkan gangguan penurunan kinerja pendengaran bahkan bisa merusak sistem pendengaran.

Berikut adalah dampak negatif sring memakai headset :




  • Kerusakan pendengaran secara permanen
Suara yang terlalu keras pada perangkat yang diciptakan oleh Nathanael Baldwin ini bisa menyebabkan rasa panas dan dengungan dalam rumah siput telinga sehingga menyebabkan rasa lelah. Jika terus menerus terjadi akan berakibat pada kemungkinan kerusakan pendengaran secara permanen.
  • Mempengaruhi syaraf dan kinerja otak
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Committie on Emerging and newly Identified Helat Risk, bahwa penggunaan headset dapat berpengaruh pada terganggunya kinerja otak sipemakai. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headset bisa menggangu kinerja listrik pada otak. Walaupun belum terbukti kuat akan kebenarannya, namun dugaan sementara pemakaian headset bisa mengganggu kinerja otak.
Sinyal yang mencapai otak akan berhenti dan pada akhirnya menyebabkan masalah besar untuk otak anda.
  • Gangguan pendengaran atau tuli
Batas normal penggunaan headset antara 0 - 20 desibel. Jika melebihi batas tersebut menyebabkan terganggunya sel-sel rambut pada organ telinga yang berfungsi menangkap frekuensi suara. Jika hal itu terus menerus terjadi akan berakibat pada menurunnya kemampuan mendengar atau bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan tuli.
Bagi anda yang sering menggunakan headset ketika mendengarkan lagu sebelum tidur sangat tidak dianjurkan karena berakibat pada kerusakan pendengaran anda. 
  •  Infeksi Telinga
Berbagi headset atau earphone dengan orang tersayang memang menyenangkan. Tetapi, ketika melakukan itu, secara tidak langsung anda berbagi infeksi telingan yang ada di pasangan atau di telinga anda sendiri.
Bakteri berbahaya masuk dalam headset atau earphone yang pada akhirnya masuk juga ke telinga anda. Infeksi telinga adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari mendengar musik dengan keras dan berbagi headset/earphone bersama orang lain. 
  • Menurunkan konsentrasi
Ketika musik terpasang di telinga, secara otomatis level konsentrasi anda akan menurun. Anda akan sulit memahami apa yang orang lain katakan karena terlalu sibuk menikmati musik.



Samuel Darmanto

dihimpun dari berbagai sumber. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...