Headlines News :

Makna Rohani dari Mahkota Duri

Print Friendly and PDF
Lanjutan dari MAHKOTA DURI



MAKNA ROHANI DARI MAHKOTA DURI

  • Duri ada dalam dunia karena dosa. Duri merupakan hasil dari kutukan akibat dosa (Kejadian 3:8). Kutuk dosa mendatangkan kesakitan dan penderitaan, demikian pula dengan duri-duri yang menancap di kepala Yesus itu, bahkan disertai dengan pukulan bambu. 

Alkitab mengatakan bahwa Yesus harus mati menjadi kutuk di atas kayu salib karena kita agar berkat Abraham sampai kepada kita (Galatia 3:13-14). Semua kesakitan dan penderitaan akibat dosa telah di tanggungnya agar kita dipulihkan.

  • Duri dipakai untuk menahan kepala anak domba untuk korban Abraham (Kejadian 22:13). Yesus dikorbankan untuk menggantikan posisi kita. Ada prinsip pergantian posisi di dalam salib Kristus. Yesus ditolak supaya kita diterima oleh Bapa di Sorga. Yesus menderita sakit supaya kita disembuhkan . Yesus dihina dan direndahkan supaya kita dimuliakan.

  • Duri ditancapkan untuk mengalirkan darah yang membawa pengurapan dan berkat dari kepala sampai ke jubah bagian bawah (Mazmur 133:2-3). Di atas kayu salib dengan kepal tertunduk Yesus meneteskan darah ke bumi dari luka-luka akibat duri di kepala-Nya. 
Kepalanya tidak mungkin ditegakkan karena mahkota duri yang menancap di kepala-Nya. Karean itu Ia selalu memandang kepada kita untuk mencurahkan berkat dan urapan yang dashyat bagi kita.

  • Duri adalah alat untuk mendatangkan kesakitan agar kita tidak sombong. Seperti yang dialami oleh Paulus (2 Korintus 12:7). Mahkota itu dari duri, merupakan hinaan bagi Yesus. Dia direndahkan agar kita ditinggikan atau dimuliakan dimana bukan kekuatan kita lagi yang bekerja namun kuasa Tuhan yang bekerja didalam diri kita, itulah kemuliaan yang sesungguhnya. 

Lihatlah apa yang terjadi dalam Keluaran 3:3-6, Tuhan menampakkan diri di tengah-tengah semak duri dihadapan Musa. Ditengah-tengah duri yang harus anda dilewati, disitu akan muncul kemuliaan Tuhan bagi hidup anda, sebab kuasa-Nya akan bekerja secara sempurna. Jadi mahkota duri harus di terima oleh Yesus agar kita diberikan Mahkota Kemuliaan.

KEPADA SIAPA MAHKOTA KEMULIAAN ITU DIBERIKAN?

  1. Mahkota Kemuliaan itu akan diberikan kepada merekan yang benar-benar mengasihi dan melayani Tuhan denga ketulusan dan kemurniaan (1 Petrus 5:2-4)
  2. Mahkota Kemuliaan diberikan kepada mereka yang siap, rela, berani hidup menderita bagi Kristus (Ibrani 2:9) 
  3. Mahkota Kemuliaan diberikan kepada mereka yang hidup taat dan siap memikul salib setiap hari (Filipi 2:6-8)

Kiranya Tuhan akan menolong kita semua untuk melayani Tuhan dengan tulus hati, siap menderita bagi Tuhan dan taat memikul salib setiap hari sampai kita menerima MAHKOTA KEMULIAAN, Amin!!!


Untuk membaca cerita sebelumnya bisa dilihat disini atau Mahkota Duri




Samuel Darmanto
Gembala Sidang

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...