Headlines News :

Salib, Berkat dan Kutuk

Print Friendly and PDF
Salib, Berkat dan Kutuk
Galatia 3:13-14

Shalom, Sidang jemaat City Blessing yang di kasihi Tuhan Yesus, sebentar lagi kita akan memperingati minggu penderitaan Tuhan. Saya mengajak seluruh jemaat Tuhan di City Blessing untuk kembali merenungkan dan menghayati makna dari minggu penderitaan Tuhan ini.





Salib, kutuk dan berkat merupakan tiga hal yagn tidak terpisahkan. Melalui salib Kristus, semua bentuk kutuk dosa telah di tiadakan. Kristus telah menanggung dan menebus kita dari semua kutuk dosa. Melalui salib Kristus, kutuk itu telah dibayar dan digantikan menjadi berkat bagi kita.

Salib merupakan bentuk hukuman yang paling berat dan hina. Salib juga merupakan hukuman mati yang dijatuhkan kepada para penjahat kelas kakap. Alkitab mengatakan bahwa "segala bentuk dosa dan kejahatan kita" telah ditimpakan kepada-Nya. Segala sakit dan penderitaan dipikul-Nya bagi kita dan oleh luka-luka-Nya atau bilur-bilur-Nya kita disembuhkan.(1 Petrus 2:24)

Renungkan apa yang dicatat oleh firman Tuhan, "Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" Yesus Kristus telah membuat hal ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan" (Galatia 3:13-14)

Berkat Abraham adalah berkat kebenaran Kristus yang di anugerahkan kepada kita dengan cuma-cuma karena iman kepada-Nya (baca Roma 4:11). Ini adalah berkat rohani yang menyelamatkan kita dan menjadikan kita anak-anak-Nya. Berkat rohani lainnya yang kita terima adalah karunia Roh Kudus (Galatia 3:14). Roh Kuduslah yang mejadi meterai jaminan keselamatan kita dalam Kristus (baca Efesus 1:13-14).

Selain berkat rohani, kita juga berhak mewarisi berkat-berkat jasmani seperti yang telah diterima oleh Abraham. Berkat keturunan, kesehatan, kecukupan dan bahkan kelimpahan yang di alami oleh Abraham layak kita terima karena salib Kristus telah mengubah kutuk menjadi berkat. Hidup dalam kutuk berarti hidup jauh dari berkat Tuhan, sedangkan hidup dalam berkat berarti hidup dalam kasih karunia & pemeliharaan Tuhan.

Kiranya kita semua dapat memaknai dan mengalami semua yang Tuhan janjikan kepada bapak Abraham baik berkat rohani maupun berkat jasmani karena kita secara adalah anak-anak Abraham, karena kita hidup oleh iman. Dan karena kita adalah anak-anak Abraham maka kita akan mewarisi berkat-berkat Abraham dalam Kristus. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Alkitab menegaskan bahwa semuanya itu bisa terjadi karena Kristus telah mati untuk menebus kita dari kutuk hukum taurat yaitu dosa!!!.

Kiranya Tuhan akan menolong kita semua. Amin!!!!




Samuel Darmanto
Gembala Sidang


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...