Headlines News :

Menjadi Pribadi Yang Diangkat Tuhan

Print Friendly and PDF
Menjadi Pribadi Yang Diangkat Tuhan ( Ulangan 26:16-19)

"Dan Ia pun mengangkat engkau di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya" (Ulangan 26:19)

Salah satu alasan utama mengapa Tuhan ingin mengangkat hidup kita menjadi terpuji, ternama dan terhormat adalah karena kita (orang-orang percaya) telah diangkat menjadi anak-anak Allah dan Allah adalah Bapa kita yang terbaik. Sebagai Bapa yang terbaik, tentu Allah ingin agar anak-anak-Nya menjadi pribadi-pribadi yang sukses dan terus naik ke level yang lebih tinggi dalam segala bidang kehidupan. 

Pertanyaannya adalah: Bagaimana menjadi pribadi yang terus diangkat oleh Tuhan? Perhatikanlah langkah-langkah Firman Tuhan dibawah ini :

1. PERCAYA & PEGANG TEGUH JANJI-NYA (Mazmur 12:7-8, 18:31-51)

Jika anda mengalami apa yang Tuhan janjikan, syarat utamanya adalah anda harus percaya dan terus berpegang pada janji itu. Jika anda tidak percaya berarti anda meragukan Tuhan. Alkitab telah banyak memberikan bukti bahwa orang-orang yang percaya sungguh-sungguh akan janji firman-Nya telah melihat dan mengalami janji itu menjadi kenyataan. Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah. TUHAN, yang akan menepatinya!

2. LAKUKAN SEGALA PERINTAH-NYA DENGAN SETIA (Ulangan 28:1,13)

Syarat kedua yang mutlak perlu anda lakukan adalah anda harus melakukan segala perintah dan peraturan serta ketetapan-Nya dengan setia. Artinya anda harus taat semua kepada firman-Nya. Berulangkali Alkitab memberitahukan kepada kita bahwa hanya orang-orang yang taat yang dapat dipakai Tuhan dengan luar biasa. Untuk bisa taat anda harus memiliki hati yang mau merendahkan diri. Ini adalah syarat yang ke-3.

3. BELAJAR TERUS MERENDAHKAN DIRI

Kitab Yakobus 4:10 menegaskan bahwa orang yang mau merendahkan hati pasti akan diangkat oleh Tuhan ketempat yang tinggi. "Rendahkanlah dirimu dihadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu."
Demikianlah pula 1 Petrus 5:6 mengatakan: "Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya."  

4. JADILAH PRIBADI YANG MUDAH DIBENTUK (Mazmur 105:16-22 dan Ratapan 3:26-41)

Allah senang dengan orang-orang yang memiliki hati yang mudah dibentuk. Maksud dari pembentukan itu adalah untuk mempersiapkan karakter kita. Sebab, Tuhan hanya akan mengangkat hidup kita jika karakter kita sudah siap untuk level itu. Allah tidak ingin kita jatuh karena pondasi hidup kita belum siap. Saya berdoa kiranya oleh pertolongan Roh Kudus kita menjadi pribadi-pribadi yang mudah dibentuk, Amin.


Samuel Darmanto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...