Headlines News :

Mahkota Duri

Print Friendly and PDF
Mahkota Duri
Matius 27:27-31

Penebusan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus melalui pencurahan darah-Nya, merupakan penebusan yang sanga-sangat sempurna. Mengapa? Karena darah itu mngalir keluar dari seluruh bagian tubuh-Nya dari kepala sampai ke kaki-Nya, dari badan sampai keujung tangan-Nya, dan yang terakhir dari bagian luar sampai ulu hati-Nya.



Sungguh merupakan pengorbanan yang sangat sempurna. Semua detail peristiwa penganiayaan dan penderitaan yang terjadi atas Tuhan Yesus tidak terjadi secara kebetulan, semua memiliki makna rohani karena setiap detail yang terjadi merupakan penggenapan nubuat firman Allah. Setiap aniaya, kesakitan dan luka yang diterima-Nya adalah bayaran atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Perhatikan apa yang terjadi dalam ayat demi ayat dalam perikop diatas :
  • Ayat 27 : Tuhan Yesus dibawa ke ruang PENGADILAN - Setiap perbuatan dosa yang kita perbuat pasti akan diperhadapkan dengan pengadilan Allah (Pengkhotbah 12:13-14). Yesus telah melakukannya bagi kita terlebih dahulu.
  • Ayat 28a : Tuhan Yesus DITELANJANGI - Ini merupakan penggenapan dan pelunasan rasa malu dan ketelanjangan yang terjadi akibat dosa. (Kejadian 3:7)
  • Ayat 28b : Tuhan Yesus dikenakan JUBAH UNGU - Kemuliaan Allah hancur dan hilang dalam diri manusia ketika manusia jatuh dalam dosa (Roma 3:23)
  • Ayat 29b : Tuhan Yesus diberikan BULUH DI TANGAN KANAN - Setelah kejatuhan manusia, manusia menjadi tidah berdaya, seperti buluh ia menjadi tidak berdaya, putus asa dan hilang harapan. Buluh yang patah tidak akan diputuskan (Yesaya 42:43, Matius 12:20). Di tangan kanan-Nya hidup kita akan dipulihkan dan ditegakkan kembali.
  • Ayat 29a : Tuhan Yesus dikenakan MAHKOTA DURI - Alkitab menyebutkan ada tiga macam mahkota yang akan kita terima :
  1. Mahkota Kehicupan - mahkota duri cukup mematikan supaya kita dihidupkan.
  2. Mahkota Kebenaran - Pikiran merupakan medan pertempuran antar dosa dan kebenaran, mahkota duri akan membersihkan pikiran=pikiran berdosa kita dan menggantikannya dengan kebenaran.
  3. Mahkota Kemuliaan - mahkota duri adalah hinaan-hinaan, supaya kita dimuliakan.

Untuk Kelanjutannya silakan baca disini atau  di Makna Rohani Dari Mahkota Duri




Samuel Darmanto
Gembala Sidang










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...