Headlines News :

Rahmat Tuhan Bagi Kita

Print Friendly and PDF
Baca : Ratapan 3: 14-25

Mari kita mulai bertanya: Apakah yang dimaksud dengan rahmat Tuhan? Kata Rahmat mempunyai arti yang cukup luas. Rahmat artinya belas kasihan, anugrah, balasan, berkat, ganjaran, kurnia, limpahan, restu, faedah, hikmat, kebaikan, kegunaan, keuntungan. Ketika kata rahmat itu kita hubungkan dengan Tuhan, maka rahmat adalah segala sesuatu dari Tuhan yang benar-benar kita butuhkan.

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah: apakah Tuhan mencurahkan rahmat-Nya hanya pada waktu-waktu tertentu saja? seperti yang dipercayai atau diajarkan oleh agama-agam lain? Mari kita menyelidiki didalam Alkitab. 


Pertama, Tuhan mencurahkan rahmat-Nya SEJAK JAMAN DAHULU KALA. Kitab mazmur 25:6 mengatakan: "Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak jaman purbakala." Berarti sejak permulaan jaman Tuhan sudah mencurahkan rahmat-Nya, karena Allah adalah Pribadi yang penuh rahmat kepada umat-Nya.

Kedua, Alkitab berkata bahwa SEJAK TUHAN YESUS HADIR DI DUNIA, Allah telah mendatangkan jaman yang baru yang dipenuhi dengan tahun-tahun yang penuh dengan rahmat Tuhan (Lukas 4:18-19). Salah satu tujuan Tuhan Yesus datang kedunia adalah untuk memberitakan bahwa tahun rahmat Tuhan telah datang. Ini berarti hari ini kita hidup dalam tahun-tahun yang penuh dengan belas kasihan, keberuntungan, kebaikan Tuhan.

Ketiga, Alkitab mengatakan bahwa WAKTU SEKARANG ATAU HARI INI adalah hari dimana Allah tetap mencurahkan rahmat-Nya bagi kita (2 Kor 6:2)

Pertanyaan terakhir adalah: kepada siapa saja Tuhan memberikan rahmat-Nya? Alkitab menjawab sebagi berikut:
  • Kepada SEMUA ORANG & SEMUA CIPTAAN-NYA. Mazmur 145:9 " Tuhan itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya." Inilah yang disebut dengan RAHMAT UMUM (Matius 5:45). Tidak ada orang yang tidak dikasihi Tuhan. Tuhan membenci dosa, tapi mengasihi jiwa-jiwa.
  • Kepada ORANG-ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN (Lukas 1:46-55)
  • Kepada ORANG-ORANG YANG MELAYANI HAMBA TUHAN & MELAYANI PEKERJAAN TUHAN (2 Timotius 1:16-18). Contoh: Yosua & Musa, Elisa & Elia, Samuel & Eli, Timotius & Paulus.
  • Dan kepada ORANG-ORANG YANG SUKA DATANG BERIBADAH & MENCARI DIA (Ibrani 4:16). Sebab itu Tuhan akan membuat perbedaan antara orang yang beribadah dan tidak beribadah (Maleakhi 3:18)
 Jadi, sebagai kesimpulan kita dapat mengatakan bahwa SETIAP HARI adalah hari yang dipenuhi dengan RAHMAT TUHAN yang selalu baru dan IA menunjukkan RAHMAT-NYA kepada orang-orang yang sungguh-sungguh mengasihi DIA. Kiranya kita sekalian selalu beroleh rahmat-Nya setiap waktu. Amin!!!



Samuel Darmanto
Gembala Sidang


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...