Headlines News :

Bulan Penuh Rahmat

Print Friendly and PDF
Ratapan 3:14-25

"Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia." 
(Ayat 22-25)



Apakah itu Rahmat Tuhan?
  1. Belas kasihan, Anugrah
  2. Balasan, berkat, ganjaran
  3. Kurnia, limpahan, restu
  4. Faedah, hikmat, kebaikan
  5. Kegunaan, keuntungan


Kapan Tuhan memberikan rahmat-Nya?
  • Sejak jaman dahulu
Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala." (Mazmur 25:6)
  • Sejak Tuhan Yesus hadir didunia
"Roh Tuhan ada pada-Ku , oleh sebab Ia telah mengurapi Aku , untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."  (Lukas 4:18-19)
  • Sekarang / hari ini
Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu. (2 Korintus 6:2)

Kepada Siapa Tuhan akan menunjukkan rahmat-Nya?
  • Semua orang dan semua ciptaan-Nya
 Tuhan memberikan rahmat-Nya kepada setiap orang atas segala ciptaanya, inilah yang disebut dengan rahmat umum. Mazmur 145:2 mengatakan "TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya."
"Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar." (Matius 5:45)
  • Orang-orang yang takut akan Tuhan
"Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya." (Lukas 1:46-55) 
  •  Orang-orang yang melayani hamba Tuhan dan melayani pekerjaan Tuhan
2 Timotius 1:16-18 mengatakan : "Tuhan kiranya mengaruniakan rahmat-Nya kepada keluarga Onesiforus yang telah berulang-ulang menyegarkan hatiku. Ia tidak malu menjumpai aku di dalam penjara. Ketika di Roma, ia berusaha mencari aku dan sudah juga menemui aku. Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya. Betapa banyaknya pelayanan yang ia lakukan di Efesus engkau lebih mengetahuinya dari padaku."
Beberapa contoh dalam Aklitab :
  • Yosua yang melayani Musa
  •  Elisa yang melayani Elia
  • Samuel yang melayani imam Eli
  • Timotius yang melayani Paulus
  • Dan masih banyak lagi
  • Kepada orang-orang yang suka datang beribadah dan mencari Dia.
"Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya."(Ibrani 4:16)
  • Kesimpulan
  • Setiap hari adalah hari yang dipenuhi denga Rahmat Tuhan yang selalu baru
  •  Tuhan tidak bertindak berdasarkan mood, tetapi berdasarkan pra pengetahuan dan rencana-Nya yang sempurna.
  • IA menunjukkan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sungguh-sungguh mengasihi Dia.


Samuel Darmanto
Gembala Sidang




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...