Headlines News :

KESETIAAN

Print Friendly and PDF
KESETIAAN
MATIUS 25:14-30


PENDAHULUAN: Ada dua macam hamba: Pertama, hamba yang baik dan setia, kedua hamba yang malas dan jahat.


Apa yang dikatakan oleh Alkitab tentang kesetiaan?



PENGAJARAN:


1. KESETIAAN ADALAH BARANG YANG LANGKA (AMSAL 20:6, MAZMUR 12:1-2)

Di akhir jaman ini sulit untuk menemukan org yg benar2 setia. Pasangan yg setia, karyawan yg setia, pemimpin yg setia, pengikut yg setia, pengerja yg setia, jemaat yg setia, dan lain sebaginya. Tapi puji Tuhan, Jemaat dan pengerja2 City Blessing adalah pribadi2 yang setia. Setia melayani, setia beribadah, setia bekerja dan setia dalam rumah tangga.


2. KESETIAAN ADALAH SESUATU YANG DITUNTUT OLEH TUHAN (MIKHA 6:8)

Tuhan tdak menuntut banyak dari kita, Dia hanya menuntut agar kita berlaku setia dalam segala hal. Dia tahu bahwa semakin banyak kita dituntut maka semakin banyak kita gagal. Paulus menasihatkan Timotius anak rohaninya agar mengejar kesetiaan karena hal itu merupakan kunci bagi keberhasilan seorang hamba Tuhan atau Pendeta dan tentunya bagi kita semua (1 Timotius 6:11).

Jadi sudah seharusnya gembala sidang atau gereja mengajak seluruh jemaat dan pengerja untuk setia supaya hidup kita diberkati!


3. KESETIAAN ADALAH UKURAN AKHIR DARI PENGIRINGAN KITA KEPADA TUHAN.

Semua bentuk pencapaian dalam hidup ini menjadi tidak ada artinya jika ujung2nya kita tidak setia. Karena itu jangan bangga dengan pencapaian masa lalu. Yang terpenting adalah hari ini, besok dan seterusnya.






KESETIAAN KITA AKAN DIUJI OLEH TIGA HAL:


1. WAKTU - Hamba2 itu ditinggal oleh tuanya dalam waktu yang lama. Waktu yang akan membuktikan kesetiaan kita. Semakin lama kita ikut Tuhan, semakin lama kita berjemaat, semakin lama kita berumah tangga, semakin lama kita melayani Tuhan, semkain lama kita bekerja, semakin lama kita berteman, maka akan semakin kelihatan siapa yang setia dan siapa yang tidak setia.


2. JARAK - Tuan dari hamba2 itu pergi ke negeri yang jauh. Jarak yang jauh akan menjadi ujian berikutnya bagi kesetiaan kita. Ketidak hadiran seorang yang seharusnya kita setia kepadanya, menjadi ujian apakah kita benar2 setia kepadanya.


3. MASA-MASA SULIT - Hamba2 itu harus menjalankan uang tuannya dengan segala resiko. Tentu hal ini tidak mudah. Lihatlah hamba yang jahat dan malas itu, selain ia tidak setia ia juga mengkritik tuannya habis2an. Orang malas tidak mungkin bisa setia karena tidak berani menghadapi masa2 sulit. Akhirnya ia dihukum dan dimasukkan dalam kegelapan yang sangat mengerikan.



PENUTUP: Jadi marilah kita setia sampai akhir hidup kita. JIKA KITA SETIA MAKA KITA AKAN DIBERKATI DAN DITAMBHKAN KEPERCAYAAN. Jadi jangan menyalahkan orang lain atau pemimpin kita (tuan) jika hidup tidak diberkati, gagal dan terus berada dalam kegelapan karena kita tidak setia seperti hamba yang jahat dan malas itu.



PUJIAN:

1. Setia2lah setia sampai mati

2. Selidiki aku




Samuel Darmanto
Gembala Sidang

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...